Jumat, 27 November 2009

Cinta yang Mana?


Setelah nonton salah satu tayangan di RCTI dengan judul "Masih kah Kau Mencintaiku?" saya mengambil note tentang kategori cinta, yaitu :

1. Cinta karena fisik/daya tarik seksual
2. Cinta karena kedekatan emosional
3. Cinta karena komitmen

Mari kita mix and match ke 3 komponen tersebut....

~ Perpaduan antara point 1 dan 2
Ini yang kerap terjadi kepada pasangan yang selingkuh. Dengan PIL/WILnya dia mungkin saja merasakan adanya ketertarikan fisik dan kedekatan emosional yang membuat mereka merasa ketergantungan satu sama lain. Namun tentu saja, tidak ada komitmen yang kuat diantaranya.

~ Perpaduan antara point 2 dan 3
Perpaduan ini adalah yang sering dialami oleh pasangan manula yang sudah menopouse. Yang sudah tidak aktif secara seksual namun masih saling membutuhkan karena adanya kedekatan emosional yang sudah terjalin dalam kurun waktu yang cukup lama. Atau kondisi ini mungkin terjadi kepada pasangan yang salah satunya mengalami sakit atau cacat yang mungkin sulit aktif secara seksual. Ini namanya kesetiaan yang tanpa syarat....

~ Perpaduan antara point 1 dan 3
Perpaduan yang sebenarnya agak riskan namun juga tidak bisa dipersalahkan, karena point komitmennya masih masuk ke dalam nuansa hubungan mereka. Namun, pasangan ini cepat atau lambat akan merasakan satu ruang yang kosong dalam hubungan mereka. Yaitu tidak hadirnya kedekatan emosional yang merupakan pilar penguat dalam suatu hubungan. Kondisi ini pun rawan resiko unfaithfulness demi memenuhi kebutuhan akan kedekatan emosional.

Hhmmm....idealnya ketiga point itu terpenuhi secara baik.
Tahapan pranikah menjadi moment terpenting yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan dengan seksama. Be your self, dan sibuklah memperbaiki diri dan jangan pernah berhenti untuk belajar. Belajar untuk mencintai pasangan dengan cinta yang sebenarnya.... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar